fbpx

Tips Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Royalty Cosmetic – Tampil dengan wajah cantik dan mulus merupakan dambaan setiap perempuan. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan uangnya untuk mengerjakan perawatan baik dengan produk skin care, salon, dokter estetika, maupun perawatan dengan bahan alami.

Salah satu masalah kulit yang sangat sering ditemui ialah pori-pori besar. Kondisi ini pastinya dapat mengecilkan rasa percaya diri seseorang, sebab kulit wajah tampak tidak merata yang disertai dengan banyak komedo.

Dilansir dari Medical News Today, terdapat dua jenis pori-pori, yang kesatu bermanfaat untuk melepas minyak atau sebum, sedangkan lainnya untuk mengeluarkan keringat.

Berikut ialah beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah, menurut keterangan dari American Academy of Dermatology Association:

Gunakan produk perawatan kulit dan makeup yang non-komedogeni

Produk non-komedogenik ialah yang tidak bakal menyumbat pori-pori Anda. Ketika pori-pori tersumbat, mereka mengembang, yang dapat menyebabkan pori-pori Anda tampak lebih nyata.

Bersihkan wajah kita dua kali sehari

Pori-pori yang tersumbat atau kulit berminyak dapat menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.

Membersihkan wajah dua kali sehari mampu mencegah pori-pori tersumbat, dan mengurangi minyak di wajah.

Saat mencuci wajah, pakai air hangat, jangan menggunakan air panas karena dapat mengakibatkan iritasi kulit dan pori-pori tampak lebih besar.

Cuci/basuh wajah dengan lembut. Menggosok bisa mengiritasi kulit kita dan peradangan. Ketika kulit meradang, pori-pori akan lebih terlihat. Pakai pembersih yang lembut dan non-komedogenik.

Gunakan retinol

Menggunakan produk perawatan kulit dengan retinol atau retinyl palmitate mampu membantu mengurangi pembuatan sebum penyebab jerawat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, aplikasikan produk sebelum tidur.

Beberapa orang mendapatkan bahwa jenis produk perawatan kulit ini mengiritasi kulit mereka.

Anda bisa mencegahnya dengan membasuh muka lalu tunggu sekitar 30 menit guna mengaplikasikan produk tersebut.

Obati jerawat

Jerawat pada wajah bisa menyumbat pori-pori Anda, sampai-sampai membuatnya menjadi lebih terlihat.

Menggunakan pembersih dengan asam salisilat bisa membantu. Studi menunjukkan, asam salisilat bisa membuka pori-pori yang tersumbat.

Beberapa pembersih yang berisi asam salisilat lumayan lembut untuk dipakai setiap hari.

Jika asam salisilat mengeringkan atau mengiritasi kulit Anda, usahakanlah kombinasikan dengan pembersih wajah lain.

Gunakan pembersih ringan, non-komedogenik saat Anda bangun dan pembersih asam salisilat sebelum tidur.

Lindungi wajah kita dengan tabir surya setiap hari

Kulit yang terlalu sering terpapar pancaran sinar matahari bisa menjadi rusak dan mengurangi kekencangannya. Ketika kulit sudah mulai kehilangan kekencangannya, pori-pori jadi lebih terlihat.

Pakai tabir surya dengan spektrum yang lebih besar, tahan air dengan SPF 30 sehinggadapat  membantu mencegah kulit yang rusak dampak sinar matahari.

Untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, oleskan tabir surya setiap hari, bahkan saat hujan atau dingin di luar.

Setiap kali sinar matahari terkena kulit kita, sinar itu bisa merusak kulit yang menumpuk dari waktu ke waktu.

Eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit

Eksfoliasi dapat menyebabkan pori-pori menjadi tidak cukup terlihat. Untuk menemukan hasil yang kita inginkan, kita perlu melakukan pengelupasan kulit dengan teknik yang aman supaya kulit kita tidak rusak, atau dapat langsung dengan dokter ahli.

Dengan berkonsultasi dengan dokter kulit, kita dapat memahami apakah pengelupasan mampu membatu untuk membuat pori-pori yang tidak terlihat.

Seorang dokter kulit barangkali dapat mengelupas kulit kita dengan formalitas tinggi dan aman.

Perlakukan kulit dengan lembut

Menggosok wajah kita tidak bakal membuatnya lebih bersih, tetapi dapat mengiritasi kulit, yang dapat membuat pori-pori tampak lebih besar.

Mengupas, memeras, atau mencari pori-pori kita juga dapat membuat kulit kita iritasi, menciptakan pori-pori tampak lebih terlihat.

Untuk hal ini, Anda mesti memperlakukan kulit kamu dengan lembut, jangan pernah menggosok atau memencet kulit wajah.

Rawat kulit kendur

Seiring meningkatnya usia, kulit anda kehilangan kekencangannya dan mulai berkerut. Pori-pori tampak lebih besar saat kulit melorot.

Seorang dokter kulit bersertifikat dapat mengecek kulit kita dan memberi tahu kita apa yang dapat mengencangkan kulit Anda. Berkonsultasilah dengan dokter berhubungan dengan hal ini.

5 comments

  1. Tasya ananda risvi

    terima kasih untuk artikelnya, sangat membantu 🙂

  2. Dina Faridah

    Terima kasih untuk tips nya min, bermanfaat 🙂

  3. Yura Melia

    Thx min tipsnya 🙂

    1. faiz

      Sama-sama 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *